Niat puasa ganti ramadhan lengkap dengan artinya

Pentingnya niat puasa ganti ramadhan sebagai syarat rukun wajib bagi kaum muslimin dan muslimah yang akan doa niat puasa ganti  dari puasa wajib di bulan Ramadan.

niat puasa ganti ramadhan

Tentunya sebagai kaum muslim yang beriman kita telah tahu bahwa puasa bulan ramadhan adalah salah satu rukun islam yang tidak boleh di tinggalkan.

Oleh sebab itu bagi setiap muslimin dan muslimah yang berhalangan pada bulan tersebut wajib mengantikannya pada bulan atau hari lain.

Niat puasa ganti bulan ramadhan

Salah satu rukun sebelum puasa adalah niat puasa ganti bulan ramadhan harus di lakukan dan dijalankan sebelum memulai berpuasa.

Niat sangat menentukan hasil dari sebuah amal.Jika salah niat maka nilai amal juga akan salah.Tetapi harus anda fahami bahwa niat juga tidak asal melafadkan secara bahasa saja.Tapi perlu penghayatan secara mendalam.

Misalnya :

Saya berniat puasa senin kamis> Tetapi dalam hati terbesit > gak enak dilihat mertua jika mertua puasa senin kamis tapi saya sebagai menantu tidak ikut puasa.

Nah disini niat puasanya secala lafad betul tapi secara hokum gagal.Makan amalan yang ia kerjakan hanya akan mendapat > pengakuan dari mertua saja.Sedangkan dari hasil amalan berupa pahala dari Allah sudah terhapus karena salah dalam niatnya.

Jadi niat dalam ibadah adalah :

Sebuah keyakinan dalam hati yang di ucapkan dan dijalan secara sungguh sungguh karena Allah SWT.Makanya dalam bahasa jawa jika orang melakukan sesuatu tidak sunggu sungguh dan tidak maksimal dalam prosesnya maka di sebut wong ora niat ( tidak sungguh sungguh )

 Doa niat puasa ganti

Mari kita belajar doa niat puasa ganti bulan ramadah.Namun sebelum itu kita bahas sedikit bagai mana maksud dari doa niat puasa penganti.

doa niat puasa ganti sebenarnya sama saja dengan doa niat puasa lainnya.Yang penting kita berniat mau menganti puasa wajibnya apa.Misal kita mau menganti puasa bulan Ramadan.Maka harus ada dalam hati untuk puasa bulan ramadahan.

Lafad niat sendiri boleh berbeda beda yang penting intinya sama.Juga dalam bahasa tidak harus bahasa arab.Kita bias mengunakan bahasa yang kita fahami dan mampu.

Jika kita tahunya bahasa jawa, kita bias pake bahasa jawa.Jika kita tahunya bahasa sunda bias gunakan bahasa sunda.

Jika kita mengunakan bahasa arab kita juga harus faham arti dan maksudnya.Agar ada kesatuan makna antara yang kita ucapkan dengan hati.Semuanya perlu pemahaman.

Contoh niat puasa ganti ramadhan

Inilah contoh niat puasa ganti ramadhan yang bias anda pahami dan lafadkan:

niat puasa ganti bulan ramadhan

“Nawaitu shauma ghadin ‘an qadho’I fardhi syahri Ramadhona lillahi ta’ala.” Artinya : saya berniat puasa romadahn wajib besok hari karena Allah.

Inilah niat puasa ganti ramadhan beseryta artinya sebagai syarat rukun wajib bagi kaum muslimin dan muslimah yang akan doa niat puasa ganti  semoga bermanfaat.Jika ada pertanyaan silahkan kontak atau kimentar di bawah artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *